Deskripsi Buku Peran Intelektual

Penulis            : L Edward W. Said

Penerjemah   : P Hasudungan Sirait & Rin Hindryati P

ISBN                 : 9794612936

Cetakan           : II, 1998, 100 halaman

Penerbit          : Obor

 

Apa itu, seorang intelektual? Dan apa fungsinya dalam masyarakat? Bagi Edward W. Said seorang intelektual adalah “pencipta sebuah bahasa yang mengatakan yang benar kepada yang berkuasa.” Seorang intelektual mengatakan yang dianggapnya benar, entah sesuai atau tidak dengan pikiran-pikiran pihak penguasa. Karena itu ia lebih cenderung ke oposisi daripada ke akomodasi. Dosa paling besar seorang intelektual adalah apabila ia tahu apa yang seharusnya dikatakan tetapi menghindari mengatakannya. Ia hendaknya jangan sekali-kali mau mengabdi kepada mereka yang berkuasa.

Hidup seorang intelektual, menurut Said, pada hakikatnya adalah mengenai pengetahuan dan kebebasan. Pertanyaan dasar yang diajukannya adalah: “Bagaimana orang mengatakan kebenaran? Keberana apa? Bagi siapa dan dimana?” Intelektual tidak dapat menjadi milik siapa-siapa. Karena itu ia sering dianggap berbahaya. Ia boleh solider dengan kelompoknya, tetapi selalu dengan kritis. Ia karena itu mudah dicurigai, dicap tidak loyal. Ia pada hakikatnya berjuang sendirian. Berhadapan dengan khalayaknya ia pertama-tama tidak mau membuat mereka puas, melainkan menantang mereka. Karena terlibat dengan kebenaran, ia justru tidak dapat menjual diri pada pihak mana pun. Ia harus menantang “ajaran ortodoks dan dogma”, baik yang religious maupun yang politik. Ia harus berpihak pada kebenaran dan keadilana. Dan itu berarti, di antara orang ia tidak berpihak. “Kalau Anda mau membela keadilan manusiawi dasar, Anda harus melakukannya bagi siapa saja, bukan hanya secara selektif bagi mereka yang didukung oleh orang-orang di pihak Anda, di budaya Anda, di bangsa Anda.”

Uraian rinci pandangan Edward W. Said mengenai sosok intelektual ini sangat penting diikuti dan disimak oleh kaum cerdik cendekiawan, oleh tokoh-tokoh generasi muda cikal bakal pemimpin bangsa dan oleh khalayak pembaca pada umumnya yang berminat untuk memahami peran seorang intelektual, terutama dalam kaitannya dengan situasi di Indonesia.

Lihat Resensi Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.