Deskripsi Buku Politik, Pemilu, dan Pilkada, Panduan Jurnalis Meliput secara Kritis dan Objektif

Penulis Naskah : P. Hasudungan Sirait

Cetakan               : I, Septeber 2006

Penerbit              : Aliansi Jurnalis Independen (AJI)

 

 

Liputan politk selalu menjadi isyu hangat yang selalu menjadi porsi penting di media massa yang mengusung segmentasi berita umum. Ini adalah jenis berita yang kerap menghiasi kepala berita media-media utama di seluruh dunia, juga di Indonesia. Ini adalah berita-berita yang mengubah dunia.  Di negeri kita, peliputan politik yang selalu hangat diperbincangkan adalah hajatan besar lima tahunan :  pemilihan umum alias PEMILU, baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden. Di tingkat lokal, Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) juga selalu menyedot perhatian publik, terutama setelah model pemilu langsung diterapkan di Indonesia sejak tahun 2004 lalu.

Namun, seiring dengan gegap gempita pelaksanaan PEMILU dan PILKADA di Indonesia, biasanya tingkat kekerasan dan gugatan hukum untuk media dan jurnalis pun meningkat.  Banyak hal yang disoal, mulai dari urusan akurasi, ketidakpuasan kandidat atau pendukung kandidat terhadap pemberitaan media, porsi pemberitaan antar kandidat, condongnya suatu media terhadap kandidat tertent, dugaan korupsi dan penyelewengan dan masih sederet isyu panas lainnya yang akan terus bergulir mulai dari sebelum pencalonan, masa kampanye hingga penghitungan suara. Hal yang sama pun terjadi, bila suhu politik dalam negeri terus meningkat.

Buku ini secara umum memberikan gambar tentang ranah liputan politik d Indonesia dari masa ke masa serta memberikan panduan yang sangat rinci bagi jurnalis Indonesia untuk meliput politik, PEMILU, maupun PILKADA dengan tetap kritis dan objektif. Beberaoa metode penggalian isyu peliputan politik, PEMILU, maupun PILKADA yang dilengkapi dengan contoh-contoh penugasan peliputan yang dimuat dalam buku ini kami harapkan dapat menginspirasi para jurnalis Indonesia untuk terus kreatif ketika meliput di lapangan. Sehingga, pada akhirnya, para pembaca Indonesia akan mendapatkan informasi yang lebih beragam, lebih kaya, dan tidak monoton.

2 thoughts on “Deskripsi Buku Politik, Pemilu, dan Pilkada, Panduan Jurnalis Meliput secara Kritis dan Objektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.