Deskripsi Buku Teologi, Komunikasi, dan Rekonsiliasi

Penyunting      : Ruddy Tindage dan Rainy MP Hutabarat

ISBN                   : 978-979-9179-34-0

Cetakan             : I, Februari 2009

Penerbit            : Yakoma-PGI

“Rekonsiliasi sebenarnya telah lazim ditempuh oleh masyarakat di negara-negara yang sedang bertransisi menuju demokratik, untuk menghadapi masa silamnya yang tercabik-cabik oleh kekejaman represi politik pemerintah. Secara harafiah makna rekonsiliasi adalah “ perdamaian abadi”. Itu berarti, di masa sekarang tengah berlangsung hubungan yang tidak harmonis antara pihak-pihak yang pernah bertikai di masa slam…. rekonsiliasi juga bertujuan mengungkap kebenaran dan mencapai keadilan”. (Dr. Victor Silaen)

“Perempuan, anak-anak, bahkan para ulama kedua pihak mulai menyadari perlunya bertemu dan duduk bersama-sama untuk saling mendengarkan dan berbagi cerita….Dengan berbagai cerita, kedua belah pihak sadar bahwa yang menderita ternya bukan hanya satu pihak saja melainkan keduanya. Berbagai cerita telah menjadi media untuk mengetahui apa yang sesungguhnya dialami warga komunitas lain : kehilangan orang yang dikasihi, musnahnya harta-benda, kesakitan fisik, ketakutan teror, depresi, dnan seterusnya,” (Dr. Margaretha H. Ririmasse)

Kalau selama ini kita secara berat sebelah bertitik-tolak dari agama itu sendiri, mulai sekarang kita harus berhenti mengajarkan identitas kita sebagai titik tolak, tetapi berfokus pada tujuan. Apa tujuan agama kita ? Apakah yang kita peroleh dari agama kita ? Komunitas iman yang inklusif akan berfokus pada hubungan dengan Tuhan yang Maha Pengasih, peciptaan dan ekologi, perdamaian, dan keadilan sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.